Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta






Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta 
Menerima Pendaftaran Siswa Baru



GAMBARAN UMUM MADRASAH TSANAWIYAH NURUL UMMAH

LETAK GEOGRAFIS
Madrasah Tsanawiya Nurul Ummah (MTs NU) ini adalah sebuah sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bina Putra yang terletak di Jl. Raden Ronggo KG II/982  Kelurahan Prenggan Kecamatan Kotagede  Kota Yogyakarta Provinsi DI Yogyakarta.
Menurut letak geografisnya, lokasi MTs Nurul Ummah adalah sebagai berikut:
1.      Sebelah barat berbatasan dengan tanah milik Bapak Nur Kholis;
2.      Sebelah timur berbatasan dengan tanah milik Bapak Hadi
3.      Sebelah utara berbatasan dengan tanah milik Bapak RW Sakijan
4.      Sebelah selatan berbatasan dengan jalan kampung.
SEJARAH BERDIRINYA MTs NURUL UMMAH
Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede dan Yayasan Pendidikan Bina Putra Yogyakarta yang berdiri pada tanggal 1 Juli 2005. Pondok Pesantren Nurul Ummah (PPNU) Kotagede sendiri sebagai induk MTsNU didirikan pada tanggal 09 Februari  1986 oleh KH. Ahmad Marzuqi.[1] dengan pengasuh pertamanya adalah KH. Asyhari Marzuqi. Kini pesantren tersebut diasuh oleh KH. Aahmad Zabidi Marzuqi.
Pendirian pesantren ini, pada hakikatnya dilandasi oleh rasa tanggung jawab pribadi beliau selaku hamba Allah untuk menyeru kepada kebajikan, dan mencegah kemungkaran, dan rasa tanggung jawab sosial sebagai anggota masyarakat untuk membina dan mendidik umat dalam mempelajari, memahami, dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.[2]   
Pengasuh PPNU yang pertama adalah KH. Asyhari Marzuqi (alm) yakni putra KH. Ahmad Marzuqi (alm). Adapun untuk saat ini PPNU diasuh oleh KH. Aahmad Zabidi Marzuqi. Dan atas ide pengasuh pertama inilah muncul wacana pendirian lembaga formal di bawah naungan pesantren.
Pada awal berdirinya, MTs NU belum memiliki bangunan, sementara menggabung dengan MA NU. Seiring perjalanan waktu, Yayasan Pendidikan Bina Putra mampu mendirikan bangunan sendiri untuk MTs Nurul Ummah. Sampai saat ini, MTs NU memiliki 9 ruangan kelas, Dengan berdirinya MTsNU Kotagede ini diharapkan dapat turut serta mencetak generasi bangsa yang tangguh, memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, berakhlakul karimah, terampil, dan beramal sholih serta mempunyai daya intelektual tinggi, berwawasan kebangsaan, berjiwa religius, kreatif, serta memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam menyebarluaskan ajaran Islam murni dengan menempuh manhaj ahlussunnah wal jama'ah. Hal ini dalam rangka memenuhi tantangan perkembangan zaman yang semakin pesat. Sehingga dibutuhkan adanya tatanan yang baik dan benar bagi generasi muda, terutama sebagai bekal kiprah mereka dalam terbentuknya peradaban umat manusia yang luhur.[3]
MTs Nurul Ummah merupakan sekolah atau madrasah yang memiliki anak didik dari berbagai daerah. Siswa dari Aceh sampai Merauke ada di MTs Nurul Ummah. Tidak hanya itu, siswa dari luar negeri juga ada di MTs Nurul Ummah tepatnya dari Tailand. Oleh karena MTs Nurul Ummah memiliki siswa-siswi dari berbagai daerah. MTs Nurul Ummah menyediakan program Full Day School dan Boarding School.
Program Full Day School adalah program yang tidak mewajibkan siswa-siswi tinggal di asrama Pondok Pesantren Nurul Ummah. Siswa-siswi yang mengikuti Full Day School adalah siswa-siswi yang memiliki tempat tinggal di sekitar MTs Nurul Ummah. Jarak tempat tinggal siswa-siswi yang memilih program Full Day School adalah tidak lebih dari 8 KM dari MTs Nurul Ummah dan harus warga asli (bukan perantauan). Apabila jarak tempat tinggal siswa-siswi melebihi dari 8 KM dari madrasah siswa-siswitersebut harus memilih program Boarding School atau tinggal di asrama Pondok Pesantren Nurul Ummah.
Kegiatan siswa-siswi dalam Full Day School hanya dari pukul 06.45 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Adapun siswa-siswi dalam Boarding School harus di asrama PP. Nurul Ummah selama 24 jam. Siswa-siswi atau santri hanya boleh keluar dari asrama pesantren dengan izin pengurus asrama.
Program Full Day School dan Boarding School bertujuan untuk mengontrol seluruh kegiatan siswa-siswi sebagai tanggung jawab para guru dan pengelola MTs Nurul Ummah.
MTs Nurul Ummah yang memiliki slogan "The School Of Champion, Sekolah Para Juara" memiliki program kurikulum unggulan terbaru. Program unggulan terbaru MTs Nurul Ummah adalah Program Jurusan Kitab dan Program Jurusan Tahfidz Qur'an.
1.      Program Kitab
Program kitab adalah program kurikulum terpadu antara kurikulum KEMENDIKBUD, KEMENAG dan Kepesantranan yang lebih fokus pada kajian kitab kuning atau kitab klasik. Kitab kuning atau kitab klasik merupakan hasil karya ilmiyah para ulama di masa lalu yang berisi tentang ilmu keislaman. Di program ini siswa/i MTs Nurul Ummah selain mendapatkan pelajaran umum, mereka juga mendapatkan pelajaran kepesantrenan yang berhubungan dengan kitab kuning seperti Nahwu, Shorof, Fiqih, Hadits, Akhlak dan lain sebagainya. Metode yang digunakan untuk mempermudah siswa/i dalam mengkaji kitab kuning adalah metode Amtsilati. Target dari program kitab adalah sebagai berikut :
a.       Dapat membaca kitab kuning/kitab klasik/kitab gundul khususnya Fatkhul Qorib dengan metode khas pesantren,
b.      Hafal Khulashotu Alfiah Ibnu Malik (Amtsilati),
c.       Hafal tashrif shorof krapyak dan dapat mengurai asal-usul kalimah (kata),
d.      Hafal hadits Arba’ina Nawawi beserta sanad dan maknanya, dan
e.       Dapat mengurai struktur kalimah (Kata) dalam kitab kuning beserta dasar hukumnya.
2.      Program Tahfidzul Qur’an
Program tahfidzul Qur’an adalah program yang lebih fokus pada hafalan Al Qur’an. Di program ini siswa/i MTs Nurul Ummah selain mendapatkan pelajaran umum mereka juga harus menghafal Al Qur’an dan disimak oleh guru yang memiliki sanad hafalan sampai Rosululloh. Target dari program ini adalah siswa/i dapat menghafal Al Qur’an 15 Juz dengan disimak oleh gurunya.[4]

B.     VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
1.      Visi
Berkualitas dalam keimanan, berprestasi dalam keilmuan, pembiasaan dalam amalan dan berkarakter dengan kebaikan.
2.      Misi
a.       Madrasah mampu mengembangkan pendidikan yang Islami
b.      Madrasah mampu mengembangkan kurikulum yang integral dan kompetitif
c.       Madrasah mampu menghasilkan generasi muslim yang kuat dan berkualitas keimanannya
d.      Madrasah mampu menghasilkan generasi muslim yang unggul dan berprestasi serta mampu bersaing secara kompetitif baik regional maupun nasional
e.       Madrasah mampu menghasilkan generasi muslim yang beramal sholeh dan disiplin
f.       Madrasah mampu mencetak generasi muslim yang berkarakter diri, berakhlak mulia, berbudaya, berwawasan lingkungan dan berjiwa nasionalis.

3.      Tujuan
a.       Mengembangkan pendidikan Islami yang selaras dengan perkembangan ilmu dan teknologi
b.      Mengembangkan kurikulum yang integral (Kurikulum Kementerian Agama,Kementerian Pendidikan Nasional dan Kurikulum Kepesantrenan) dan kompetitif
c.       Mewujudkan generasi muslim kuat imannya, beramal sholeh dan disiplin berdasar Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah
d.      Mendidik generasi muslim yang unggul, berprestasi, mampu bersaing ditingkat regional maupun nasional
e.       Membentuk generasi muslim yang berkarakter dalam kebaikan, berakhlak yang baik, berbudaya dan berwawasan lingkungan serta berjiwa nasionalis.
C.    STRUKTUR ORGANISASI
Organisasi merupakan suatu kesatuan sistematik yang mempunyai tekad dan rasa kebersamaan demi tercapainya tujuan dan cita-cita. Agar pelaksanaan kegiatan organisasi menjadi baik dan sukses, maka diperlukan manajemen yang tersusun, terstruktur dan terencana dengan baik dan matang. Dengan adanya struktur yang jelas, job description, system manajerial yang baik maka akan berhasil mencapai tujuan dengan baik selama ada komitmen bersama untuk serius dalam mencapai tujuan. Selain itu, dalam berorganisasi harus menghindari diri dari terjadinya penyelewengan, kesenjangan, kecemburuan diantara personil supaya kesuksesan organisasi terjamin.
MTs Nurul Ummah dipimpin oleh kepala madrasah sebagai penanggungjawab semua kegiatan belajar mengajar. Dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, kepala madrasah dibantu oleh beberapa staf lainnya, seperti bimbingan dan konseling, tata usaha, kesiswaan, kurikulum, humas dan lain-lain. Adapun struktur organisasi MTs Nurul Ummah adalah:
Kepal Madrasah                                  : Suwandi,S.Ag
Waka Kurikulum dan Pengajaran       : Ahmad Nasir, M.Pd.I
Waka Humas                                       : Athourokhman, S.Pd.I

Waka Kesiswaan                                 : Fahmi, S.H.I
Kepala Tata Usaha                              : Bisri Mustofa, S.H.I

D.    KEADAAN SEKOLAH
1.    Sarana dan Prasarana
Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, sarana dan prasarana memang peran yang sangat penting. Sarana pendidikan merupakan suatu yang pokok untuk melaksanakan proses pendidikan. Sedangkan prasarana prasarana pendidikan merupakan sesuatu yang dapat menunjang terlaksananya suatu kegiatan pembelajaran. Adapun sarana dan prasarana yang ada di MTs Nurul Ummah adalah:
a.    Tanah dan Halaman
Keliling tanah Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah Yogyakarta seluruhnya 1.178 m2 dan sudah dipagar. Kepemilikan atas nama Yayasan Pendidikan Bina Putra. Adapun penggunaannya dan bangunan sebagai berikut:
1)   Luas bangunan                                          :   414 m2
2)   Halaman depan                                         :   60   m2
3)   Halaman belakang/lapangan olah raga      :   588 m2
4)   Parkir, kantin dan ruang penjaga              :   114 m2

b.    Gedung/Ruang menurut Jenis Penggunaan
No
Jenis Ruang
Jumlah
1
Kantor
1
2
Ruang Teori/Kelas
7
3
Ruang Laboratorium IPA dan komputer
1
4
Ruang kepala Madrasah
1
5
Ruang TU
1
6
Ruang Perpustakaan dan Musholla
1
7
Ruang Guru
1
8
Ruang OSIS
1
9
Kantin
1
10
Kamar Mandi dan WC
6
11
Ruang UKS
1
12
Ruang BK
1
13
Gudang
1







c.    Perlengkapan Kegiatan Belajar Mengajar

No
Jenis Ruang
Jumlah
1
Komputer
30
2
Printer
5
3
LCD Proyektor
4
4
Player DVD
1
5
TV 21 "
1
6
Tape
2
7
Meja belajar/teori
75
8
Kursi belajar/teori
160
9
Meja belajar kelompok
4
10
Meja baca individu
8
11
Mikroskop
3
12
Koleksi buku bacaan dan pelajaran
>1500 eksemplar
13
Keyboard
1

2.    Tenaga Pengelola dan Pengajar MTsNU:
Di dalam bidang pendidikan tenaga pengelola dan pengajar adalah dua profesi yang saling berkaitan, sekalipun lingkup keduanya berbeda. Tenaga pengelola dan pengajar memegang peran strategis dalam upaya pembentukan karakter bangsa  serta peningkatan kualitas SDM (sumber daya manusia) di lingkungan sekolah, mengingat di era globalisasi ini persaingan global semakin ketat dikarenakan oleh pesatnya kemajuan ilmi pengetahuan dan teknologi. Sehingga menjadikan sumber daya manusia menjadi aspek yang penting. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan tantangan tersendiri bagi pengelola dan pengajar. Mereka dituntut untuk mengikuti laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga dibutuhkan suatu mekanisme pengelolaan yang profesional untuk mengembangkan kompetensi dibidang pendidikan demi peningkatan kualitas mutu  pendidikan. Pengelolaan di atas mencakup sistem manajerial, pembinaan, dan pengembangan tenaga pengelola dan pengajar yang bertujuan untuk mensinergikan kinerja tenaga pengelola dan pengajar dalam upaya menciptakan tenaga-tenaga yang handal serta demi terselenggaranya sebuah pendidikan yang efektif dan efisien.
Tenaga dan pengajar di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah adalah para alumni S1 dan S2 (Pascasarjana) beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta seperti: Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Gajah Mada (UGM), dan berbagai perguruan tinggi lainnya dengan latar belakang pondok pesantren. Adapun data selengkapnya kami sampaikan sebagai berikut:
Pengelola dan Karyawan MTs Nurul Ummah
No
Nama
Jabatan/Tugas
1
Suwandi, S.Ag
Kepala Madrasah
2
Ahmad Nasir, M.Pd.I
Wakamad. Kurikulum dan Pengajaran
3
Atho’urrokhman, S.Pd.I
Wakamad. Sarpras dan Humas
4
Fahmi, S.H.I
Wakamad Kesiswaan
5
Bisri Mustofa, S.H.I
Kepala Tata Usaha
6
Nurhidayah, S.Pd.I
Staff Tata Bidang Keuangan
7
Durous Saadah
Staff  Bag Admins Keuangan
8
Umi Alifah, S.I.P
Kepala Perpustakaan
9
Supami, S.E.I
Staff Bag Administrasi Madrasah
10
Umi Khariroh
Wakil Kepala Perpustakaan

Pengajar MTs Nurul Ummah
No
Nama
Tugas
1
Suwandi, S.Ag
SKI
2
Khoiruddin, S.S.
TIK
3
Aris Muh. Sadzili, S.Th.I
Al-Quran Hadis
4
Azhariansah, M.Pd., M.A
Bahasa Indonesia
5
Slamet Riyadi, S.Sos.I, S.Pd
Bahasa Inggris
6
Atho'urrokhman, S.Pd.I
IPA Biologi, Penjaskes
7
Fatna Susuan Sindarus, M.Sc
IPA Biologi
8
Tasbikhatuz Zumaro, S.Pd. S.I
Matematika
9
Achmad Salman Hadi, S.Ag
Aswaja
10
Wakhid Nur Hasyim, S.H.I
Fiqih
11
Supami, S.E.I
IPS
12
Ahmad Nasir, M.Pd.I
Bahasa Arab
13
Rina Kusumawati, S.Pd
Bahasa Inggris
14
Rina Mulyani, S.Sos.I
BK
15
Romdhon Kurniawan, S.Pd
IPS
16
Fina Wardani, S.Pd,Si
 IPA Fisika
17
Siti Fatimah, S.S
Bahasa Indonesia
18
Akhid Mukhlisin, S.Pd
Bahasa Inggris dan SBK
19
Lailatul Qomariyah, S.Hum
Bahasa Arab
20
Erik, S.S
Penjaskes
21
Umi Khariroh
PKn
22
Aji Fauzie, S.E
IPS
23
Sofaun Nafis, S.Pd
Bahasa Jawa
24
Risna Choirul Wafa, S.Th.I
Ketrampilan dan SBK
25
Fahmi, S.H.I
Aqidah Akhlak
26
Najib Mubarok, S.Pd
Matematika
27
M. Fihri
SBK
28
Ainun Najib, S,Hum
Mulok Nahwu
29
Ahmad Munaji
Mulok Shorof
30
Dana Nasrul Hamam, S.Hum
Mulok Fiqih
31
Nur Ahmad El-Aufa, S.Kom.I
Mulok Luhoh
32
Ismul A’dzom
Mulok Tahfidz

3.    Keadaan Peserta Didik
 Siswa adalah merupakan subyek yang akan diarahkan oleh pengajar menuju kearah kedewasaan dalam bersikap dan berfikir.  Bagaimana kondisi siswa pada saat belajar atau di luar pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, mengingat tujuan dari belajar itu sendiri adalah mengupayakan semaksimal mungkin semua kemampuan dan peran siswa pada saat proses belajar berlangsung. Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah Yogyakarta yang berdiri tahun 2005 hingga saat ini telah meluluskan banyak lulusan.
  Jumlah Peserta Didik
  Kelas (Rombongan Belajar) T.P. 2017/2018
N0
Kelas
Putra
Putri
Jumlah
1
VII
31
25
56
2
VIII
41
16
57
3
IX
23
21
44
Jumlah
95
62
157

STRUKTUR KURIKULUM
NO
MATA PELAJARAN
ALOKASI JAM PELAJARAN
KELAS VII
KELAS VIII
KELAS IX
1
Pendidikan Agama Islam



a. Qur'an Hadits
        2
           2
        2
b. Akidah Akhlak
        2
          2
        2
c. Fikih
        2
          2
        2
d. Sejarah Kebudayaan Islam
        2
          2
       2
2
Pendidikan Kewarganegaraan
        2
         2
       2
3
Bahasa Indonesia
        4
        4
       4
5
Bahasa Arab
        3
        3
       3
6
Bahasa Inggris
        4
        5
       5
7
Matematika
        4
        5
       5
8
IPA
        4
        5

9
Fisika
        -
        -
       3
10
Biologi
        -
        -
       2
11
IPS
        4
          4
        4
12
Seni Budaya
        2
         2
        2
13
PJOK
        2
         2
        2
14
Ketrampilan/TIK
        2
         2
        2
15
Mulok Aswaja
        1
1
        1
17
Mulok Nahwu
       4
-
-
18
Mulok Shorof
       2
-
-
19
Mulok Lughoh (Bahasa Arab)
       1
-
-
20
Mulok Fikih
1
-
-
21
Mulok Akhlak
1
-
-
22
Mulok Hadits
1
-
-
23
Mulok Akidah
1
-
-
24
Mulok Tajwid
1
-
-
25
BTA Imla'
1
-
-
26
Pengembangan Diri/BK
1
1
1

4.      Prestasi yang Pernah Diraih MTs Nurul Ummah 
Dalam empat tahun perjalanannya MTs Nurul Ummah telah mampu berprestasi dengan beberapa kegiatan sebagai berikut:
a.       Juara I lomba pidato bahasa Arab dalam lomba pidato antar MTs se-DIY Tahun 2005 yang diadakan Kanwil Depag DIY.
b.      Juara I lomba pidato bahasa Arab tingkat propinsi, Tahun 2005 yang diadakan MA Nurul Ummah.
c.       Juara II lomba Tahfidzul Qur’an Se- DIY , Tahun 2005, Departemen Agama DIY
d.      Juara II lomba Mading SLTP/ MTs se DIY, Tahun 2006, di MAN II Yogyakarta
e.       Juara II lomba Modul PAI tingkat nasional Departemen Agama, Tahun 2007.
f.       Juara III Lomba Pidato Bahasa Indonesia, Tahun 2007, Se-DIY, di MA Nurul Ummah Yogyakarta.
g.      Juara Harapan II Lomba Pidato Bahasa Jawa, Tahun 2007, Se-DIY, di MA Nurul Ummah Yogyakarta.
h.      Juara Harapan I Lomba Pidato Bahasa Jawa, Tahun 2007, Se-DIY, di MA Nurul Ummah Yogyakarta.
i.        Juara II Lomba Kaligrafi Tingkat SLTP- Se-DIY, Tahun 2007, Se-DIY, Di MAN Yoyakarta II.
j.        Juara II Lomba Kaligrafi Tingkat SLTP- Se-DIY, Tahun 2007, Se-DIY, Di MAN Yoyakarta II.
k.      Juara II Lomba Mading Tingkat SLTP- Se-DIY, Tahun 2008, Se-DIY, Di MAN Yoyakarta II.
l.        Juara II Lomba Kaligrafi Tingkat SLTP- Se-DIY, Tahun 2008, Se-DIY, Di MAN Yoyakarta II.
m.    Juara II Lomba CCA Tingkat SLTP- Se-DIY, Tahun 2008, Se-DIY, Di MAN Yoyakarta II.
n.      Juara V Lomba Menulis Cerpen Tingkat SLTP Se-Jawa, Tahun 2008, di Madrasah Sunan Pandanaran Yogyakarta.
o.      Juara II Lomba MApel UN Tingkat SLTP- Se-DIY, Tahun 2008, Se-DIY, Di MAN Yoyakarta II.
p.      Juara Harapan I lomba Modul Bahasa Indonesia  tingkat nasional Departemen Agama, Tahun 2008.



[1]  Subegjo P.W. dkk, Panduan PPNU (Pondok Pesantren Nurul Ummah), (Yogyakarta: Nurma Media Idea, 2005) hal. 1
[2] Ibid. Hal. 1
[3] Dokumentasi  MTsNU Kotagede, dikutip pada tanggal 06 Februari 2017 dari KTU.
[4]  Dokumentasi  MTsNU Kotagede, dikutip pada tanggal 10 Desember 2016 dari kurjar.

Komentar