Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta
Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta
Menerima Pendaftaran Siswa Baru
GAMBARAN UMUM MADRASAH
TSANAWIYAH NURUL UMMAH
LETAK GEOGRAFIS
Madrasah Tsanawiya Nurul Ummah (MTs NU) ini adalah sebuah sekolah yang
berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bina Putra yang terletak di Jl.
Raden Ronggo KG II/982 Kelurahan Prenggan
Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta
Provinsi DI Yogyakarta.
Menurut letak geografisnya, lokasi MTs Nurul Ummah adalah sebagai
berikut:
1.
Sebelah barat berbatasan dengan tanah milik Bapak
Nur Kholis;
2.
Sebelah timur berbatasan dengan tanah milik Bapak
Hadi
3.
Sebelah utara berbatasan dengan tanah milik Bapak RW
Sakijan
4.
Sebelah selatan berbatasan dengan jalan kampung.
SEJARAH
BERDIRINYA MTs NURUL UMMAH
Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah
merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang berada di bawah naungan
Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede dan Yayasan Pendidikan Bina Putra
Yogyakarta yang berdiri pada tanggal 1 Juli 2005. Pondok Pesantren Nurul Ummah
(PPNU) Kotagede sendiri sebagai induk MTsNU didirikan pada tanggal 09
Februari 1986 oleh KH. Ahmad Marzuqi.[1]
dengan pengasuh pertamanya adalah KH. Asyhari Marzuqi. Kini pesantren tersebut
diasuh oleh KH. Aahmad Zabidi Marzuqi.
Pendirian pesantren ini, pada hakikatnya
dilandasi oleh rasa tanggung jawab pribadi beliau selaku hamba Allah untuk
menyeru kepada kebajikan, dan mencegah kemungkaran, dan rasa tanggung jawab
sosial sebagai anggota masyarakat untuk membina dan mendidik umat dalam
mempelajari, memahami, dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan
sehari-hari.[2]
Pengasuh PPNU yang pertama adalah KH.
Asyhari Marzuqi (alm) yakni putra KH. Ahmad Marzuqi (alm). Adapun untuk saat
ini PPNU diasuh oleh KH. Aahmad Zabidi Marzuqi. Dan atas ide pengasuh pertama
inilah muncul wacana pendirian lembaga formal di bawah
naungan pesantren.
Pada awal
berdirinya, MTs NU belum memiliki bangunan, sementara menggabung dengan MA NU. Seiring
perjalanan waktu, Yayasan Pendidikan Bina Putra mampu mendirikan bangunan
sendiri untuk MTs Nurul Ummah. Sampai saat ini, MTs NU memiliki 9 ruangan kelas, Dengan berdirinya
MTsNU Kotagede ini diharapkan dapat turut serta mencetak generasi bangsa yang
tangguh, memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, berakhlakul karimah,
terampil, dan beramal sholih serta mempunyai daya intelektual tinggi, berwawasan
kebangsaan, berjiwa religius, kreatif, serta memiliki komitmen dan dedikasi
yang tinggi dalam menyebarluaskan ajaran Islam murni dengan menempuh manhaj
ahlussunnah wal jama'ah. Hal ini dalam rangka memenuhi tantangan
perkembangan zaman yang semakin pesat. Sehingga dibutuhkan adanya tatanan yang
baik dan benar bagi generasi muda, terutama sebagai bekal kiprah mereka dalam
terbentuknya peradaban umat manusia yang luhur.[3]
MTs Nurul Ummah merupakan sekolah atau madrasah yang
memiliki anak didik dari berbagai daerah. Siswa dari Aceh sampai Merauke ada di
MTs Nurul Ummah. Tidak hanya itu, siswa dari luar negeri juga ada di MTs Nurul
Ummah tepatnya dari Tailand. Oleh karena MTs Nurul Ummah memiliki siswa-siswi
dari berbagai daerah. MTs Nurul Ummah menyediakan program Full Day School
dan Boarding School.
Program Full Day School adalah program yang tidak
mewajibkan siswa-siswi tinggal di asrama Pondok Pesantren Nurul Ummah. Siswa-siswi
yang mengikuti Full Day School adalah siswa-siswi yang memiliki tempat tinggal
di sekitar MTs Nurul Ummah. Jarak tempat tinggal siswa-siswi yang memilih
program Full Day School adalah tidak lebih dari 8 KM dari MTs Nurul Ummah dan
harus warga asli (bukan perantauan). Apabila jarak tempat tinggal siswa-siswi
melebihi dari 8 KM dari madrasah siswa-siswitersebut harus memilih program
Boarding School atau tinggal di asrama Pondok Pesantren Nurul Ummah.
Kegiatan siswa-siswi dalam Full Day School hanya dari
pukul 06.45 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Adapun siswa-siswi dalam Boarding
School harus di asrama PP. Nurul Ummah selama 24 jam. Siswa-siswi atau santri
hanya boleh keluar dari asrama pesantren dengan izin pengurus asrama.
Program Full Day
School dan Boarding School bertujuan untuk mengontrol seluruh kegiatan siswa-siswi
sebagai tanggung jawab para guru dan pengelola MTs Nurul Ummah.
MTs Nurul Ummah yang memiliki slogan "The School
Of Champion, Sekolah Para Juara" memiliki program kurikulum unggulan
terbaru. Program unggulan terbaru MTs Nurul Ummah adalah Program Jurusan Kitab
dan Program Jurusan Tahfidz Qur'an.
1.
Program
Kitab
Program kitab adalah program kurikulum terpadu antara
kurikulum KEMENDIKBUD, KEMENAG dan Kepesantranan yang lebih fokus pada kajian
kitab kuning atau kitab klasik. Kitab kuning atau kitab klasik merupakan hasil
karya ilmiyah para ulama di masa lalu yang berisi tentang ilmu keislaman. Di
program ini siswa/i MTs Nurul Ummah selain mendapatkan pelajaran umum, mereka
juga mendapatkan pelajaran kepesantrenan yang berhubungan dengan kitab kuning
seperti Nahwu, Shorof, Fiqih, Hadits, Akhlak dan lain sebagainya. Metode yang
digunakan untuk mempermudah siswa/i dalam mengkaji kitab kuning adalah metode
Amtsilati. Target dari program kitab adalah sebagai berikut :
a.
Dapat membaca
kitab kuning/kitab klasik/kitab gundul khususnya Fatkhul Qorib dengan metode
khas pesantren,
b.
Hafal Khulashotu
Alfiah Ibnu Malik (Amtsilati),
c.
Hafal tashrif
shorof krapyak dan dapat mengurai asal-usul kalimah (kata),
d.
Hafal hadits
Arba’ina Nawawi beserta sanad dan maknanya, dan
e.
Dapat mengurai
struktur kalimah (Kata) dalam kitab kuning beserta dasar hukumnya.
2.
Program
Tahfidzul Qur’an
Program tahfidzul Qur’an adalah program yang lebih
fokus pada hafalan Al Qur’an. Di program ini siswa/i MTs Nurul Ummah selain
mendapatkan pelajaran umum mereka juga harus menghafal Al Qur’an dan disimak
oleh guru yang memiliki sanad hafalan sampai Rosululloh. Target dari program
ini adalah siswa/i dapat menghafal Al Qur’an 15 Juz dengan disimak oleh
gurunya.[4]
B. VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
1.
Visi
Berkualitas dalam keimanan, berprestasi dalam keilmuan, pembiasaan dalam amalan dan berkarakter dengan
kebaikan.
2. Misi
a. Madrasah mampu mengembangkan pendidikan yang Islami
b. Madrasah mampu mengembangkan kurikulum yang integral
dan kompetitif
c. Madrasah mampu menghasilkan generasi muslim yang kuat
dan berkualitas keimanannya
d. Madrasah mampu menghasilkan generasi muslim yang
unggul dan berprestasi serta mampu bersaing secara kompetitif baik regional
maupun nasional
e. Madrasah mampu menghasilkan generasi muslim yang
beramal sholeh dan disiplin
f. Madrasah mampu mencetak generasi muslim yang berkarakter
diri, berakhlak mulia, berbudaya, berwawasan lingkungan dan berjiwa
nasionalis.
3. Tujuan
a. Mengembangkan pendidikan Islami yang selaras dengan
perkembangan ilmu dan teknologi
b. Mengembangkan kurikulum yang integral (Kurikulum
Kementerian Agama,Kementerian Pendidikan Nasional dan Kurikulum Kepesantrenan)
dan kompetitif
c. Mewujudkan generasi muslim kuat imannya, beramal
sholeh dan disiplin berdasar Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah
d. Mendidik generasi muslim yang unggul, berprestasi,
mampu bersaing ditingkat regional maupun nasional
e. Membentuk generasi muslim yang berkarakter dalam
kebaikan, berakhlak yang baik, berbudaya dan berwawasan lingkungan serta
berjiwa nasionalis.
C. STRUKTUR ORGANISASI
Organisasi merupakan suatu kesatuan sistematik yang mempunyai tekad dan
rasa kebersamaan demi tercapainya tujuan dan cita-cita. Agar pelaksanaan
kegiatan organisasi menjadi baik dan sukses, maka diperlukan manajemen yang
tersusun, terstruktur dan terencana dengan baik dan matang. Dengan adanya
struktur yang jelas, job description, system manajerial yang baik maka akan
berhasil mencapai tujuan dengan baik selama ada komitmen bersama untuk serius
dalam mencapai tujuan. Selain itu, dalam berorganisasi harus menghindari diri
dari terjadinya penyelewengan, kesenjangan, kecemburuan diantara personil
supaya kesuksesan organisasi terjamin.
MTs Nurul Ummah dipimpin oleh kepala madrasah sebagai penanggungjawab semua
kegiatan belajar mengajar. Dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, kepala
madrasah dibantu oleh beberapa staf lainnya, seperti bimbingan dan konseling,
tata usaha, kesiswaan, kurikulum, humas dan lain-lain. Adapun struktur
organisasi MTs Nurul Ummah adalah:
Kepal Madrasah :
Suwandi,S.Ag
Waka Kurikulum dan Pengajaran :
Ahmad Nasir, M.Pd.I
Waka Humas :
Athourokhman, S.Pd.I
Waka Kesiswaan :
Fahmi, S.H.I
Kepala Tata Usaha :
Bisri Mustofa, S.H.I
D.
KEADAAN SEKOLAH
1. Sarana
dan Prasarana
Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, sarana dan prasarana memang
peran yang sangat penting. Sarana pendidikan merupakan suatu yang pokok untuk
melaksanakan proses pendidikan. Sedangkan prasarana prasarana pendidikan
merupakan sesuatu yang dapat menunjang terlaksananya suatu kegiatan
pembelajaran. Adapun sarana dan prasarana yang ada di MTs Nurul Ummah adalah:
a.
Tanah
dan Halaman
Keliling tanah
Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah Yogyakarta seluruhnya 1.178 m2 dan
sudah dipagar. Kepemilikan atas nama Yayasan Pendidikan Bina Putra. Adapun
penggunaannya dan bangunan sebagai berikut:
1)
Luas
bangunan : 414 m2
2)
Halaman depan : 60 m2
3)
Halaman
belakang/lapangan olah raga : 588 m2
4) Parkir, kantin dan ruang penjaga :
114 m2
b.
Gedung/Ruang
menurut Jenis Penggunaan
No
|
Jenis
Ruang
|
Jumlah
|
1
|
Kantor
|
1
|
2
|
Ruang Teori/Kelas
|
7
|
3
|
Ruang Laboratorium IPA dan komputer
|
1
|
4
|
Ruang kepala Madrasah
|
1
|
5
|
Ruang TU
|
1
|
6
|
Ruang Perpustakaan dan Musholla
|
1
|
7
|
Ruang Guru
|
1
|
8
|
Ruang OSIS
|
1
|
9
|
Kantin
|
1
|
10
|
Kamar Mandi dan WC
|
6
|
11
|
Ruang UKS
|
1
|
12
|
Ruang BK
|
1
|
13
|
Gudang
|
1
|
c. Perlengkapan
Kegiatan Belajar Mengajar
No
|
Jenis
Ruang
|
Jumlah
|
1
|
Komputer
|
30
|
2
|
Printer
|
5
|
3
|
LCD Proyektor
|
4
|
4
|
Player DVD
|
1
|
5
|
TV 21 "
|
1
|
6
|
Tape
|
2
|
7
|
Meja belajar/teori
|
75
|
8
|
Kursi belajar/teori
|
160
|
9
|
Meja belajar kelompok
|
4
|
10
|
Meja baca individu
|
8
|
11
|
Mikroskop
|
3
|
12
|
Koleksi
buku bacaan dan pelajaran
|
>1500 eksemplar
|
13
|
Keyboard
|
1
|
2.
Tenaga Pengelola
dan Pengajar MTsNU:
Di dalam bidang pendidikan tenaga pengelola dan pengajar adalah dua profesi yang saling
berkaitan, sekalipun lingkup keduanya berbeda. Tenaga pengelola dan pengajar
memegang peran strategis dalam upaya pembentukan karakter bangsa serta peningkatan kualitas SDM (sumber daya
manusia) di lingkungan sekolah, mengingat di era globalisasi ini persaingan
global semakin ketat dikarenakan oleh pesatnya kemajuan ilmi pengetahuan dan
teknologi. Sehingga menjadikan sumber daya manusia menjadi aspek yang penting.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan tantangan tersendiri bagi
pengelola dan pengajar. Mereka dituntut untuk mengikuti laju perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Sehingga dibutuhkan suatu mekanisme pengelolaan yang
profesional untuk mengembangkan kompetensi dibidang pendidikan demi peningkatan
kualitas mutu pendidikan. Pengelolaan di
atas mencakup sistem manajerial, pembinaan, dan pengembangan tenaga pengelola
dan pengajar yang bertujuan untuk mensinergikan kinerja tenaga pengelola dan
pengajar dalam upaya menciptakan tenaga-tenaga yang handal serta demi
terselenggaranya sebuah pendidikan yang efektif dan efisien.
Tenaga dan pengajar di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah
adalah para alumni S1 dan S2 (Pascasarjana) beberapa perguruan tinggi di
Yogyakarta seperti: Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta,
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Gajah Mada (UGM), dan berbagai
perguruan tinggi lainnya dengan latar belakang pondok pesantren. Adapun data
selengkapnya kami sampaikan sebagai berikut:
Pengelola dan Karyawan MTs Nurul Ummah
No
|
Nama
|
Jabatan/Tugas
|
1
|
Suwandi, S.Ag
|
Kepala Madrasah
|
2
|
Ahmad Nasir, M.Pd.I
|
Wakamad. Kurikulum
dan Pengajaran
|
3
|
Atho’urrokhman,
S.Pd.I
|
Wakamad. Sarpras dan
Humas
|
4
|
Fahmi, S.H.I
|
Wakamad Kesiswaan
|
5
|
Bisri Mustofa, S.H.I
|
Kepala Tata Usaha
|
6
|
Nurhidayah, S.Pd.I
|
Staff Tata Bidang Keuangan
|
7
|
Durous Saadah
|
Staff Bag Admins
Keuangan
|
8
|
Umi Alifah, S.I.P
|
Kepala Perpustakaan
|
9
|
Supami, S.E.I
|
Staff Bag Administrasi Madrasah
|
10
|
Umi Khariroh
|
Wakil Kepala Perpustakaan
|
Pengajar MTs Nurul Ummah
No
|
Nama
|
Tugas
|
1
|
Suwandi, S.Ag
|
SKI
|
2
|
Khoiruddin, S.S.
|
TIK
|
3
|
Aris Muh. Sadzili, S.Th.I
|
Al-Qur’an Hadis
|
4
|
Azhariansah, M.Pd., M.A
|
Bahasa Indonesia
|
5
|
Slamet Riyadi, S.Sos.I, S.Pd
|
Bahasa Inggris
|
6
|
Atho'urrokhman, S.Pd.I
|
IPA Biologi,
Penjaskes
|
7
|
Fatna Susuan Sindarus, M.Sc
|
IPA Biologi
|
8
|
Tasbikhatuz Zumaro, S.Pd. S.I
|
Matematika
|
9
|
Achmad Salman Hadi, S.Ag
|
Aswaja
|
10
|
Wakhid Nur Hasyim, S.H.I
|
Fiqih
|
11
|
Supami, S.E.I
|
IPS
|
12
|
Ahmad Nasir, M.Pd.I
|
Bahasa Arab
|
13
|
Rina Kusumawati, S.Pd
|
Bahasa Inggris
|
14
|
Rina Mulyani,
S.Sos.I
|
BK
|
15
|
Romdhon
Kurniawan, S.Pd
|
IPS
|
16
|
Fina Wardani, S.Pd,Si
|
IPA Fisika
|
17
|
Siti Fatimah,
S.S
|
Bahasa Indonesia
|
18
|
Akhid
Mukhlisin, S.Pd
|
Bahasa Inggris
dan SBK
|
19
|
Lailatul
Qomariyah, S.Hum
|
Bahasa Arab
|
20
|
Erik, S.S
|
Penjaskes
|
21
|
Umi Khariroh
|
PKn
|
22
|
Aji Fauzie,
S.E
|
IPS
|
23
|
Sofaun Nafis,
S.Pd
|
Bahasa Jawa
|
24
|
Risna Choirul
Wafa, S.Th.I
|
Ketrampilan
dan SBK
|
25
|
Fahmi, S.H.I
|
Aqidah Akhlak
|
26
|
Najib Mubarok,
S.Pd
|
Matematika
|
27
|
M. Fihri
|
SBK
|
28
|
Ainun Najib,
S,Hum
|
Mulok Nahwu
|
29
|
Ahmad Munaji
|
Mulok Shorof
|
30
|
Dana Nasrul
Hamam, S.Hum
|
Mulok Fiqih
|
31
|
Nur Ahmad
El-Aufa, S.Kom.I
|
Mulok Luhoh
|
32
|
Ismul A’dzom
|
Mulok Tahfidz
|
3.
Keadaan
Peserta Didik
Siswa adalah
merupakan subyek yang akan diarahkan oleh pengajar menuju kearah kedewasaan
dalam bersikap dan berfikir. Bagaimana
kondisi siswa pada saat belajar atau di luar pembelajaran merupakan hal yang
sangat penting untuk diperhatikan, mengingat tujuan dari belajar itu sendiri
adalah mengupayakan semaksimal mungkin semua kemampuan dan peran siswa pada
saat proses belajar berlangsung. Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah Yogyakarta yang berdiri tahun 2005 hingga
saat ini telah meluluskan banyak lulusan.
Jumlah Peserta Didik
Kelas (Rombongan Belajar) T.P.
2017/2018
N0
|
Kelas
|
Putra
|
Putri
|
Jumlah
|
1
|
VII
|
31
|
25
|
56
|
2
|
VIII
|
41
|
16
|
57
|
3
|
IX
|
23
|
21
|
44
|
Jumlah
|
95
|
62
|
157
|
STRUKTUR KURIKULUM
NO
|
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI JAM PELAJARAN
|
||
KELAS VII
|
KELAS VIII
|
KELAS IX
|
||
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
a. Qur'an Hadits
|
2
|
2
|
2
|
|
b. Akidah Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
|
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
5
|
Bahasa Arab
|
3
|
3
|
3
|
6
|
Bahasa Inggris
|
4
|
5
|
5
|
7
|
Matematika
|
4
|
5
|
5
|
8
|
IPA
|
4
|
5
|
|
9
|
Fisika
|
-
|
-
|
3
|
10
|
Biologi
|
-
|
-
|
2
|
11
|
IPS
|
4
|
4
|
4
|
12
|
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
13
|
PJOK
|
2
|
2
|
2
|
14
|
Ketrampilan/TIK
|
2
|
2
|
2
|
15
|
Mulok Aswaja
|
1
|
1
|
1
|
17
|
Mulok Nahwu
|
4
|
-
|
-
|
18
|
Mulok Shorof
|
2
|
-
|
-
|
19
|
Mulok Lughoh (Bahasa Arab)
|
1
|
-
|
-
|
20
|
Mulok Fikih
|
1
|
-
|
-
|
21
|
Mulok Akhlak
|
1
|
-
|
-
|
22
|
Mulok Hadits
|
1
|
-
|
-
|
23
|
Mulok Akidah
|
1
|
-
|
-
|
24
|
Mulok Tajwid
|
1
|
-
|
-
|
25
|
BTA Imla'
|
1
|
-
|
-
|
26
|
Pengembangan Diri/BK
|
1
|
1
|
1
|
4.
Prestasi yang Pernah Diraih MTs Nurul Ummah
Dalam empat tahun perjalanannya
MTs Nurul Ummah telah mampu berprestasi dengan beberapa kegiatan sebagai
berikut:
a. Juara I lomba pidato bahasa
Arab dalam lomba pidato antar MTs se-DIY Tahun 2005 yang diadakan Kanwil Depag
DIY.
b. Juara I lomba pidato bahasa
Arab tingkat propinsi, Tahun 2005 yang diadakan MA Nurul Ummah.
c. Juara II lomba Tahfidzul Qur’an
Se- DIY , Tahun 2005, Departemen Agama DIY
d. Juara II lomba Mading SLTP/ MTs
se DIY, Tahun 2006, di MAN II Yogyakarta
e.
Juara II lomba
Modul PAI tingkat nasional Departemen Agama, Tahun 2007.
f. Juara III Lomba Pidato Bahasa
Indonesia, Tahun 2007, Se-DIY, di MA Nurul Ummah Yogyakarta.
g. Juara Harapan II Lomba Pidato
Bahasa Jawa, Tahun 2007, Se-DIY, di MA Nurul Ummah Yogyakarta.
h. Juara Harapan I Lomba Pidato
Bahasa Jawa, Tahun 2007, Se-DIY, di MA Nurul Ummah Yogyakarta.
i.
Juara II Lomba
Kaligrafi Tingkat SLTP- Se-DIY, Tahun 2007, Se-DIY, Di MAN Yoyakarta II.
j.
Juara II Lomba
Kaligrafi Tingkat SLTP- Se-DIY, Tahun 2007, Se-DIY, Di MAN Yoyakarta II.
k.
Juara II Lomba
Mading Tingkat SLTP- Se-DIY, Tahun 2008, Se-DIY, Di MAN Yoyakarta II.
l.
Juara II Lomba
Kaligrafi Tingkat SLTP- Se-DIY, Tahun 2008, Se-DIY, Di MAN Yoyakarta II.
m.
Juara II Lomba
CCA Tingkat SLTP- Se-DIY, Tahun 2008, Se-DIY, Di MAN Yoyakarta II.
n.
Juara V Lomba
Menulis Cerpen Tingkat SLTP Se-Jawa, Tahun 2008, di Madrasah Sunan Pandanaran
Yogyakarta.
o.
Juara II Lomba
MApel UN Tingkat SLTP- Se-DIY, Tahun 2008, Se-DIY, Di MAN Yoyakarta II.
p.
Juara Harapan
I lomba Modul Bahasa Indonesia tingkat
nasional Departemen Agama, Tahun 2008.
[1] Subegjo P.W.
dkk, Panduan PPNU (Pondok Pesantren Nurul Ummah), (Yogyakarta: Nurma
Media Idea, 2005) hal. 1
[2] Ibid.
Hal. 1
Komentar
Posting Komentar